20 April 2011

Hari Kedua UN, 30 Persen Soal Bahasa Inggris Gunakan Audio

MAKASSAR - Sebanyak 30 persen soal Bahasa Inggris pada hari ketiga Ujian Nasional (UN) menggunakan media audio. "Ini baru pertama kalinya, dari 50 soal yang diujikan, 15 soal menggunakan media audio untuk mendengarkan soal dan kemudian mencari jawaban yang tepat," kata Ketua Panitia UN untuk SMA Negeri 5 H Kartini di Makassar, Rabu (20/4).

Menurut dia, untuk soal nomor satu hingga nomor 15 siswa diperdengarkan kaset yang isinya sesuai dengan apa yang akan ditanyakan dalam lembar soal tersebut. Untuk dapat didengar oleh semua siswa peserta UN, lanjut dia, kami menggunakan fasilitas audio center, sehingga suara itu dapat didengar pada 15 ruangan ujian yang telah disiapkan.

"Penggunaan model tes TOEFL ini sudah lazim bagi siswa kami, sehingga diharapkan tidak terlalu kaget," kata salah seorang guru SMA Negeri 5 Makassar, Mustafa. Soal dengn sistem audio dalam UN untuk siswa jurusan IPA dan IPS ini, mungkin tidak menjadi masalah di sejumlah sekolah favorit dan unggulan seperti SMA Negeri 5, SMA Negeri 17 dan SMA Negeri 1 Makassar.

Namun lain cerita di sekolah yang fasilitasnya minim, seperti SMA Ade Irma Suriani Nasution (Irnas), SMA Syekh Yusuf Samman dan SMA Abdi Pembangunan. Sekolah tadi tidak memiliki fasilitas yang sama dengan sekolah unggulan.

Hal itu diakui Kepala Sekolah SMA Irnas, Makassar Kamaluddin Arfah. "Fasilitas ruangan kelas saja sangat minim, di sana-sini bocor, bagaimana kami bisa memiliki perlengkapan audio untuk menunjang kemampuan Bahasa Inggris siswa?" katanya.

Menanggapi soal ujian Bahasa Inggris tersebut, salah seorang siswa SMA Irnas, Mahmud mengatakan, cukup sulit mengerjakan soal yang melatih pendengaran itu, karena tidak pernah dilatih. "Ruangan kelas kami saja sudah demikian kumuh, bagaimana kami bisa memiliki laboratorium bahasa," katanya.

Mata pelajaran yang diujikan pada hari ketiga UN adalah Bahasa Inggris baik untuk siswa jurusan IPA maupun IPS. Kemudian pelajaran yang diujikan pada sesi kedua untuk siswa jurusan IPA adalah Kimia dan siswa jurusan IPS mata pelajaran Geografi.

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID - Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA OLAHRAGA