19 Juli 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 1
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 45

A. STANDAR KOMPETENSI
Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk narrative, explanation, discussion dan review.

B. KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan
Mendengarkan Memahami wacana yang menekankan perbedaan makna interpersonal yang kompleks dalam interaksi dan monolog lisan terutama dalam wacana berbentuk ”explanation” yang menggunakan ragam bahasa lisan.
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan

C. INDIKATOR
1. Mendengarkan
 Merespon dengan benar wacana monolog
 Merespon dengan benar permintaan dan pemberian informasi berupa fakta
2. Berbicara
 Melakukan tindak tutur mengajak orang lain melakukan sesuatu
 Melakukan tindak tutur yang menyertai kegiatan fisik di kelas

D. BAHAN PEMBELAJARAN, SUMBER DAN MEDIA
1. Matei Pokok : Teks Explanation (General Statement, Sequences of Explanations)Tsunami
2. Kebahasaan : Penggunaan Simple present tense,Passive voice, conjunction of time and cause.
3. Sumber : English Text In Use Kelas XII, Text. Teacher's Made Materials, Dictionary, etc.
4. Media : text

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL Approach)
Kegiatan Awal/ Pembukaan (Opening Activities)
1. Siswa merespon salam guru
2. Siswa merespon guru mencek kehadiran
3. Guru memberikan small chat atau review pelajaran yang lalu
Kegiatan Inti (Main Activities)
 Mengucapkan kata/ kalimat terkait dengan ejaan, lafal, tekanan dan intonasi yang benar
 Mengidentifikasi penggunaan Simple Present Tense dan menggunakannya dalam konteks
 Mengidentifikasi passive voice, conjunction of time and cause dan penggunaannya dalam konteks
Kegiatan Akhir/ Penutup (Closing Activity)
1. Guru membuat rangkuman materi pembelajaran untuk belajar di luar kelas.
2. Guru dan siswa melakukan refleksi atas kegiatan dan materi pembelajaran.
3. Guru dan siswa merencanakan tugas sebagai kegiatan belajara di luar kelas.
4. Guru menutup dengan motivasi, harapan dan salam.

F. PENILAIAN/ ASSESSMENT
Penilaian autentik (Authentic Assessments and Portfolios)
No Kompetensi Dasar Penilaian
Jenis Tagihan Bentuk Instrumen
1 Mendengarkan Tugas Individu Teks Lisan, PG / TF (paper and pen)
2 Berbicara Kinerja / Unjuk kerja Bercerita lisan, rubrik / skala nilai
3 Membaca Ulangan Harian Teks Tulis, PG / TF (paper and pen)
4 Menulis Tugas Individu Essay berstruktur (paper and pen)

Negeri Lama, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran


MUHAMMAD ARIF ROMADONI, S.Pd
NIP .198303032009031011

Mengetahui
Kepala SMA NEGERI 1 BILAH HILIR



IRWAN S.Pd
NIP.196503181988031003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERITA OLAHRAGA